Martabak Telur Mini

Friday, March 11, 2011


Ini dia menu sepanjang masa buatku. Aku suka dan aku bangga dengan karya kali pertamaku ini, hehe.

Cara membuatnya gampang banget, coba cek..
Langkah pertama: potong dadu kecil-kecil wortel dan kentang (boleh ditambah sayuran lain seperti buncis atau bihun, tapi pastikan wortel dan kentang ditumis terlebih dahulu sebelum bahan-bahan lainnya. Tumis dengan minyak sayur secukupnya. Tambahkan garam, gula, lada bubuk, dan sedikit penyedap rasa ayam secukupnya. Tumis hingga layu dan matang.

Langkah kedua: iris-iris tipis daun bawang dalam jumlah cukup banyak, campurkan dua butir telur, sekaligus tumisan wortel dan kentang yang sudah matang terlebih dahulu. Kocok telurnya, aduk hingga merata, tambahkan garam, gula, lada bubuk, dan penyedap rasa ayam secukupnya, aduk kembali hingga rata.

Langkah ketiga: ambil selembar kulit lumpia (kali ini dimanfaatkan untuk membuat martabak, bukan lumpia) yang sudah siap pakai, letakkan sesendok adonan isi martabak, bungkus dan rekatkan dengan air pada ujung gulungan martabak (membungkus martabak bisa berbentuk segitiga, segiempat, maupun silinder, pilih yang kamu suka)

Siap untuk langkah berikutnya??
Yupz..panaskan minyak sayur yang cukup banyak untuk menggoreng (deep-fry). Bila sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan minyak dengan lembaran kertas atau tisu.

Siap deh, sajikan dengan saos tomat sambal atau cabe kecil yang sekarang harganya naik-turun kayak lift, hehe

selamat mencobaaaaa..


0 comments:

Post a Comment

Labels

Camilan (3) Gorengan (1) Kue (2) Roti (1) Sup (2) Tips N Triks (2) Tumis-Tumis (2)

Masak Asyik Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino